Gagging and choking

Pertama liatin video baby BLW ke mama, reaksinya satu “nanti kalo keselek gimanaa??” Jejeenggg… penjelasannya agak panjang dan lebar…

There are 2 types; gagging and choking

1. Gagging
Bahasa sehari-harinya kelolodan,ย  makanan yang belum alus dan masih potongan agak besar jalan agak jauh ke dalem, sehingga saluran kerongkongan belum bisa nelen makanan efek dari lambung memuntahkan lagi makanannya. Dont worry baby also has this kinda reflex. Dont panic and dont interrupt the process (walaupun deg2an tetep) but soon your baby will overcome the situation.

2. Choking
Bahasa sehari-harinya keselek. Ini yang bahaya karena makanan menutup jalur pernapasan. Muka anak akan merah dam batuk2. To avoid this, it is really important to keep baby sit up straight while eating.

This video shows how to give first aid while baby is choking.

Danish BLW Preparation

So, waktu yang ditunggu-tunggu (yet scary i guess) hampir tiba yaitu MPASI. Takut susah makan, mau dikasih makan apa aja, alat2nya musti beli ini itu, beli buku resep, those are sounding on my mind and it’s getting loud lately. Bahkan saking moment ini sangat ditunggu2 sekali saya selalu berdoa agar anak makan nya gampang saat dia masih dalam kandungan. ๐Ÿ˜…

Ditambah ada aja cerita2 mama dan mama mertua kalo sodaraku dan sodara ipar makannya susaaahh banget sampe ada perpecahan piring dan derai air mata (was seriously happened :'()

Berawal dari tetangga saya ngasih tau tentang finger food dan dipinjemin buku tentang Baby Led Weaning (BLW) by Gill Ripley. Well, the method does make sense, tapi sempet maju mundur tekadnya karena temen2 ga ada yg mau nyoba metode ini. Tapi alhamdulillah mama dan mama mertua ga mau ikut campur dengan metode apa dan caranya gimana kasih makan anak, jadi ga ada salahnya juga mencoba metode ini.

These are things to prepare:

1. Reference books

blw book

Saya baca 2 buku referensi BLW; the guide book and the cookbook by Gill Rapley and Tracey Murkett. The guidebook nya sudah ada versi terjemahan Indonesia nya, sedangkan the cookbook, we have to order online on amazon/periplus/ instagram juga banyak yang jual. I bought from periplus.com IDR 211.000 for the cookbook, the guidebook saya pinjam tetangga saya ๐Ÿ˜›

I wont bother u with what’s in these books, because if you really want to try BLW, read them or at least the guidebook. Most of the cookbook contents are recipes.

Buku referensi ini penting bgt karena tidak banyak orang yang pake metode ini kecuali kita cari forum dan komunitas buibu BLW. Dan yes, penting juga untuk browse forum or group supaya tambah yakin dan goal dari BLW nya benar2 kesampean. Goal saya? Cuma simpel, biar anak makan sendiri, ga perlu jalan2 keliling komplek untuk anak buka mulutnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

2. High Chair

hc1

Boleh high chair boleh booster seat apapun yang bisa bikin bayi sit up straight to reach their foods. Bahkan dipangku saja juga bisa.

3. Suction Bowls

bowls

Suction bowls sebenernya perlu ga perlu karena diawal MPASI BLW the foods are simply put on high chair tray, tetapi suction bowls mungkin akan berguna buat kalo kita serve pasta, soup or any rainy food.

4. Cutlery

cutlery

Karena metode BLW ini intinya memberikan kesempatan untuk anak belajar dan eksplor makanannya jadi I also equip the cutlery. Banyak orang juga langsung kasih silverware cutlery, well for the sake of security i bought training cutlery.

4. Doidy cup (training cup)

doidy

One of the important things of MPASI is learning to drink water, karena bisa menghindari bayi dari digestion. So it got me thinking, kalo MPASI puree bayi kan disuapi air putih juga, nah kalo BLW gimanaa. So i got this doidy training cup, gelas yang aneh dan awalnya agak bingung pake nya gimana, tetapi banyak video di youtube show how to use this cup.

5. Menu
Sebenar-benarnya saya sudah buat jadwal menu MPASI BLW 6m buat danish cuma rasanya ga saya pakai. Karena esensi dari BLW sendiri makan healthy food together with the family jadi disesuaikan aja nanti dengan yang ada di pasar. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Nevertheless, point2 yang saya terapkan ini:

6m akan lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan dengan karbohidrat dan zat besi yang dieksplor dengan rasa dan tekstur asli yang dimasak dengan dikukus atau di oven dan dipotong 1 1/2 ukuran genggaman bayi

Buah: apel, alpukat, kabocha, mangga, pisang, pepaya
Sayur: wortel, brokoli, buncis, bayam, kacang panjang
Karbohidrat: kentang, singkong, ubi, oat, nasi kepal
Zat besi: ayam kukus atau rebus, ati ayam, dan beef tenderloin
No gula, garam, dan zat adiktif lainnya seperti msg.
No fast food.

Untuk 7m dan seterusnya i’ll update later ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Demikian persiapan2 untuk MPASI BLW. Tools2 diatas saya siapkan disesuaikan dengan kebutuhan saya. Banyak yang lebih sederhana karena sebenernya metode BLW hanya butuh potongan makanan yang dapat dijangkau bayi dengan posisi duduk tegak untuk makan.

Dan sedikit saran untuk memulai BLW, tetapkan hati, teguhkan pikiran, dan siapkan informasi sebaik mungkin untuk lingkungan keluarga esp mama dan mama mertua ๐Ÿ˜†. Yeah, I hear alot abt complaining

Happy BLW! โ˜บโ˜บ

Well, Hi

Well, call me noob.ย This is my first time using blog for sharing. I don’t know what’s got into me to make blog, but all I can say, I want to start writing because I love reading ๐Ÿ™‚

So, most of the articles of this blog is about my little family esp my first son,

Danish Arrayhan Kamadyta. You will see a lot about him. Now he’s 5 mos already, so I’ll start with MPASI preparation.

Hope you enjoy and find theseย articles useful for you.

Cheers!